Rabu, 05 September 2012

Kumpulan MP3 Suara Burung

Berikut kami sediakan macam macam suara burung berbentuk MP3/Ringtone yang dapat dimanfaatkan untuk proses pemasteran/Mastering Love Bird via Media Elektronik. Dengan tujuan Love Bird anda bisa memiliki suara unik, lantang, dan panjang. Selamat mencoba :)

Lovebird Cages & Cagewire

by Doug Bedwell

Cage sizes and styles are often as different as the people who make or buy them. There is no consensus on the "right" size cage for breeding lovebirds. The principle that "Larger is Better," probably holds true, but there is enormous disagreement on how large is large enough. As I've mentioned elsewhere, my experience is with indoor aviaries in the American Midwest. Obviously an outdoor aviary can accomodate larger cages, and in most situations the available space will place some limits on cage size and design.

I do not colony breed my birds. I set up my caging so that every breeding pair has its own separate cage. There are many advantages to this system. For one, there is no question as the the parentage of chicks that are produced. This is important for several reasons. When I am working with color mutations, it is easier to keep track of which chicks carry which recessive mutations. Also, when I am breeding successive generations, I am able to avoid uneccessary inbreeding. Another advantage of the one pair per cage system is that it reduces the potential for violence in the aviary. Tempestuous birds can’t get into fights withl each other if they are in separate cages.
A disadvantage of the one pair per cage system is that it takes more room, more cages, and requires more maintenance time than a colony situation. Still, I feel that the advantages of a one pair per cage system greatly outweigh these inconveniences. 


Sex-Linked Mutations in the Peachfaced Lovebird


By Doug Bedwell
There are three different sex-linked mutations(at the time this article was written, the Opaline mutation did not yet exist) in the Peachfaced Lovebird: Lutino, American Cinnamon, and Australian Cinnamon. Though the Lutino mutation is quite common, and is probably familiar to most lovebird enthusiasts, the cinnamons are less common, and consequently less well known.
The Lutino mutation acts by removing all of the Melanin, which is a dark pigment, from the bird. The yellow and red colors we see are caused by different kinds of pigments, called carotenoids, which are unaffected by the Lutino gene. In effect, the bright yellow and red colors are actually the pigments "left behind" after the Lutino gene has removed all the Melanin from the bird. 



Cara memberi makan anak burung lovebird dengan cara spet ke paruh

Cara memberi makan anak burung dengan cara spet ke paruh atau meloloh (bahasa Jawa) atau hand feeding (Inggris) sudah banyak dilakukan para penangkar burung lovebird dan kenari di Indonesia. Meski demikian banyak juga yang tidak bisa atau tidak berani melakukannya karena takut burung cedera, atau takut terlalu menyita waktu.
Padahal memisahkan burung dari indukan dan memberinya makan secara langsung, selain mempercepat burung anakan jadi besar karena makanan yang kita berikan adalah ramuan jadi yang padat gizi, juga akan mempercepat indukan segera bertelur dan menghasilkan anakan kembali.
Jika persoalannya adalah masalah waktu, maka meloloh dengan cara di-spetkan langsung ke paruh burung, hanya memerlukan waktu relatif singkat dibanding meloloh dengan cara disendok dan disuapkan.
Jika Anda menangkar burung lovebird dan ingin tahu caranya lebih detail, silakan simak foto-foto di bawah ini dan selanjutnya perhatikan video yang saya ambilkan dari youtube.
Persiapan awal tentu saja Anda sudah menyediakan bubur untuk ransumnya (akan dibahas lebih detail pada artikel selanjutnya), tatakan untuk menempatkan anakan burung (lembut tetapi permukaan kasar agar burung tidak terpleset), tisu, spetan ukuran sedang (5 ml), air untuk membersihkan sisa pakan yang menempel di burung dengan cara diusapkan dengan tius, kain serbet dan beberapa alat bantu sebagaimana bisa Anda lihat di video yang akan diperjelas dengan foto-foto.

Selasa, 04 September 2012

Foto Pertumbuhan LoveBird

 Berikut adalah Chart Foto Bayi LoveBird usia 1 hari hingga dewasa
 
 
 
 




Pentingnya Umbaran Lovebird

 
Sebagai peternak, ada kalanya kita akan melakukan penjodohan. Proses ini dapat dilakukan dengan 2 macam cara, yaitu dengan cara mendempetkan kandang 1 dengan yang lain, dan cara yang kedua dan yang paling ampuh kami lakukan yaitu dengan cara umbaran.

Yang dimaksud dengan cara umbaran adalah, beberapa ekor Love Bird dimasukkan dalam 1 kandang berukuran besar, dengan tujuan Love Bird akan mencari jodohannya secara alami. Dari sini kami mendapat pengalaman bahwa jodohan dari umbaran akan memiliki waktu bertelur lebih cepat. Dikarenakan Love Bird sudah merasa cocok dengan lawan jenisnya.

Apa Tanda Love Bird Sudah Mendapat Jodohan Alaminya?

Perlengkapan Penangkaran Lovebird

 

Perlengkapan penangkaran untuk lovebird terdiri dari :
a.Kandang Penangkaran
b.Kayu tangkringan
c.Perlengkapan tempat makan dan minum
d.Kotak Sarang
e.Bahan sarang
Yang penting adalah perlengkapan harus bersih dari semua zat kimia yang membahayakan lovebird.

A. Kandang Penangkaran.
Ukuran yang ideal adalah 50 x 50 x 50 cm, terbuat dari aluminium atau besi. Yang terpenting tidak mudah dirusak oleh lovebird. Ukuran lebih besar tentunya akan lebih baik. Burung lebih leluasa bergerak dan terbang. Namun adakalanya burung menjadi tidak fokus dan cenderung bermain. Maksimum untuk ukuran kandang penangkaran adalah 80 x 50 x 50 cm.

Sistem umbar atau koloni beberapa pasangan dalam satu kandang besar juga bisa digunakan walaupun kurang efektif dan banyak kekurangannya.

How to Find Out if LoveBirds Are Mating



How to Find Out if Birds Are Mating thumbnail
Lovebirds
You bought the birds hoping to find yourself in possession of a mated pair. But she seems unimpressed by his posing, and you can tell just by the way he's glaring out through the bars, all he can think is, "Wow, that is one uuuuugly cockatiel." You know what they say about the best laid plans... bear in mind, bonding between birds can take years and breeding only happens during certain times of year. What appears to be a fundamental personality clash can resolve itself over time. One day, you'll walk into the room and find them sharing the same perch, happily cooing at each other. And that's when you begin to wonder, are they or aren't they? 

Senin, 03 September 2012

Penyakit Mata (snot) pada LoveBird

Penyakit yang sangat menular dan mematikan ini gejala awalnya ditandai dengan timbulnya beberapa tahap yaitu:

Gambar1. Timbul sedikit bercak merah pada kelopak mata dan mata burung seperti berair.
Gambar2. Setelah beberapa hari, bercak merah tersebut akan semakin membesar dan jelas terlihat bahwa ternyata telah terjadi pembengkakan , baru disadari bahwa penyakit tersebut juga menyerang system pernapasan burung.
Gambar3. Nafsu makan burung sudah mulai berkurang. Mata sudah tidak bisa dibuka dan setiap pagi keluar “kotoran” seperti belekan
Gambar4. Sekitar 4 – 6 minggu dari gejala awal, burung bisa dipastikan tewas jika tidak mendapat pengobatan yang tepat

Image


Tanda tanda lainnya yang dapat ditimbulkan dari suspect sakit mata adalah:

Menjodohkan Burung Lovebird (Versi Lain)

Memang menjodohkan lovebird memang susah-susah gampang  yang enak menjodohkan lovebird dari kecil karena kalu masih muda tidak terlalu galak. Apa bila lovebird yang dijodokan sudah dewasa kalau sudah sama-sama birahi itu sangat menyenangkan karena dalam waktu yang dekat pasangan tersebut akan membuat sarang, kawin, bertelur dan menetaskan anaknya deh.
Sering kita merasa kesal karena indukan yang ingin kita jodohkan ternyata tidak mau jodoh.
Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, keduanya berjenis kelamin sama, belum memasuki masa birahi, perbedaan usia yang jauh beda, situasi atau lingkungan yang kurang mendukung. 

Menjodohkan Burung LoveBird



Walaupun Lovebird relative mudah untuk dijodohkan, namun tidak sedikit pemula yang menemui kesulitan dalam menjodohkan burung tersebut. Cara paling mudah dan cepat adalah menjodohkan dari anakan/muda. Umbarkan beberapa ekor dalam satu kandang, rawatlah dengan baik, dan berikan makanan yang bergizi dan bersih.
Saat mencapai usia 9 bulan, perhatikan gerak-gerik burung lovebird. Satu hal yang pasti mereka mulai birahi dan timbul gerakan-gerakan seperti saling bercumbu dan jantan biasanya mulai belajar kawin dengan cara menaiki punggung pasangannya seperti mau kawin. Amati pasangan tersebut. Jika hal ini berlanjut beberapa hari, segera pisahkan pasangan itu dari kelompoknya, dan tempatkan dalam satu kandang.

Kandang Ternak Lovebird


 

Ternak burung yang satu ini kelihatannya mudah, tetapi kenyataannya tidak begitu, tetapi butuh profesionalisme dan manajemen yang lumayan untuk mendapatkan tingkat produktivitas produksi yang tinggi.

Mengawali ternak lovebird ini dari coba-coba, awalnya ditawari teman di Solo, tawaran pertama saya hanya tersenyum, karena menurut saya nggak mungkin saya melakukannya. Tawaran kedua saya langsung respon, karena dia cerita kalau anakannya Rp. 1 juta per ekor, saat itu saya langsung pesan 5 pasang indukan yang sudah produk dan bergaransi.

Minggu, 02 September 2012

Hubungi Kami

Masukkan Data Anda dengan Benar

Nama *
Nomer Telepon
E-mail *
Pesan *
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image] [What's This?]

Hand Feeding Baby Lovebirds From Day 1

 
Hand feeding any baby Lovebird is a commitment, but hand feeding a baby Lovebird from day 1 is a commitment, plus a labor of love! Hatchling babies are very tiny, in addition to being very uncooperative.

The most important thing to consider when feeding a baby this young is timing. Parent Lovebirds feed their young around the clock for the first 7-10 days, and the hand feeder must also do this. Hatchlings are fed every 2 hours round the clock for the first 5 days. The schedule changes after day 5 and I will discuss this later.

The items needed for a hatchling are the same as for an older baby but there are a few extras that are necessary with a day 1.





Mengenal Si Cantik Lutino

LoveBird Lutino
Burung Lovebird selain memiliki suara ocehan yang ngeroll panjang, juga memiliki warna bulu yang sangat indah cantik. Selain suara ocehannya, warna dan keindahan bulu Lovebird juga dapat meningkatkan harganya. Salah satu jenis Lovebird yang memiliki warna bulu yang indah adalah Lovebird Lutino. Ciri-ciri Lovebird Lutino adalah matanya yang berwarna merah dengan kacamata serta warna bulunya yang hanya merah dan kuning saja.

Mengenal Jenis dan Warna LoveBird

  • Dengan perkembangan waktu dan trend lomba suara burung, maka Awalnya, burung lovebird dipelihara orang terutama karena keindahan warna bulunya. lovebird dipelihara untuk memunculkan suara-suara khas lovebird yang panjang.Selain sebagai burung petarung di arena kicauan, lovebird juga sangat populer sebagai burung pemaster burung lain.
Jenis-jenis lovebird dan penyebarannya


1. Lovebird kepala abu-abu / lovebird  MADAGASKAR
Ukuran tubuh panjang 14 cm, berat 25-28 gram.
  • Burung lovebird madagaskar jantan: Bulu tubuh umumnya berwarna hijau, hijau terang pada tunggirnya dan lebih kekuningan di bagian bawahnya; kepala, leher dan dada berwarna abu-abu; di bawah sayap berwarna hitam; bulu ekor berwarna hijau; paruh berwarna abu-abu muda; iris berwarna cokelat tua; kaki abu-abu.
  • Burung lovebird madagaskar betina: Bulu kepala, leher, dada, di bawah sayap berwarna hijau.
  • Burung lovebird madagaskar muda: Bulu berwarna seperti dewasa, tetapi bulu burung jantan berwarna kehijauan pada tengkuknya (beberapa jantan memiliki bulu kepala dan dada berwarna hijau); paruh berwarna kuning dan terdapat bercak   hitam pada pangkal paruh bagian atas

Cara Meloloh Anakan Love bird

Anakan lovebird


Istilah hand feeding biasa digunakan dalam dunia penangkaran burung. Hand feeding artinya memberikan makanan anakan burung dengan bantuan tangan manusia (bukan indukan burung). Dengan hand feeding akan diperoleh burung yang jinak dan lebih mudah dalam pemeliharaan.
Tiap penangkar memiliki cara dan aturan tersendiri dalam melakukan hand feeding. Hand feeding biasa dilakukan terhadap burung lovebird yang telah berumur 2 minggu. Kondisi fisik anakan lovebird pada umur tersebut biasanya cukup kuat karena telah memiliki asupan nutrisi dan imunisasi dari indukan.

Hindari master ber-speed rapat Agar lovebird bersuara panjang


 burung lovebird


Suara lovebird yang dianggap ideal dalam lomba burung, selain memiliki variasi lagu, pakem utamanya adalah bersuara panjang dan rajin (frekuensinya sering). Untuk kontes besar bertaraf nasional, durasi yang dicari paling tidak bisa 30 detik, ada pula yang hingga 1 menit bahkan lebih.
Biasanya, untuk lovebird yang lagunya panjang hingga satu menit atau lebih, frekuensi bunyi menjadi berkurang atau masa ngetem atau diamnya lama.

Twitter Facebook Feed Feed