Senin, 03 September 2012

Kandang Ternak Lovebird


 

Ternak burung yang satu ini kelihatannya mudah, tetapi kenyataannya tidak begitu, tetapi butuh profesionalisme dan manajemen yang lumayan untuk mendapatkan tingkat produktivitas produksi yang tinggi.

Mengawali ternak lovebird ini dari coba-coba, awalnya ditawari teman di Solo, tawaran pertama saya hanya tersenyum, karena menurut saya nggak mungkin saya melakukannya. Tawaran kedua saya langsung respon, karena dia cerita kalau anakannya Rp. 1 juta per ekor, saat itu saya langsung pesan 5 pasang indukan yang sudah produk dan bergaransi.



Untuk dapat mengelola lovebird dengan baik maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar burung kesayangan kita dapat menghasilkan anakan yang baik dan produktivitas tinggi.


Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :

KANDANG

Lovebird adalah salah satu burung yang cukup lincah , suka bermain dan suka beterbangan kesana kemari. Maka harus diusahakan kandangnya harus cukup luas, selain itu lovebird cenderung terbang kearah horizontal dan arah vertikal. Maka usahakan kandang lovebird lebih memanjang kesamping dan menjulang keatas.
Ukuran kandang minimal untuk sepasang lovebird adalah 80x40x40 cm. untuk penangkaran kandang ini sudah cukup.



Bagi pemula yang ingin ternak lovebird sepasang dua pasang cukup beli kandang jadi yang banyak dijual di pasaran.

Jika ingin memelihara lovebird sekaligus dalam satu kandang (kandang koloni), maka dibutuhkan kandang yang lebih besar lagi. Setiap pasang lovebird membutuhkan ruangan kurang lebih 0,12 meter kubic. Sebagai perkiraan kandang dengan panjang 2 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1,5 meter cukup untuk sekitar 5 pasang lovebird.

Lovebird adalah burung yang suka mengerat dan memiliki paruh yang cukup tajam, maka kalau membuat kandang sendiri usahakan dari besi, tetapi untuk kemudahan pembuatan biasanya dibuat dari kayu, tetapi yang kedalam seyogyanya dilapisi dengan plat seng atau alumunium. Untuk jeruji usahakan yang kokoh, carilah kawat loket yang tahan karat (terbuat dari galvanis), jangan yang dengan kawat loket yang dicoating (kawat yang didalam kecil).

Usahakan jarak kawat loket 1-2 cm persegi, kawat ini juga berfungsi sebagai pengaman dari hewan-hewan pemangsa seperti tikus maupun kucing.

Letak kandang minimal 1 meter dari tanah, hal ini membuat lovebird lebih nyaman karena di alam bebas lovebird lebih sering hidup diatas pohon dari pada di permukaan tanah. Selain itu letakkan kandang pada tempat yang teduh tetapi tetap terkena cahaya matahari langsung, terutama di pagi hari. Lovebird membutuhkan sinar matahari untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Kandang yang ideal adalah menghadap kearah matahari terbit, sehingga lovebird akan kena sinar matahari sampai jam 10 pagi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Twitter Facebook Feed Feed